Senin, 18 Juli 2011

Profesionalisme Bagi Perawat

Profesionalisme merupakan sebutan yang mengacu pada sikap mental dalam bentuk komitmen dari para anggota suatu profesi untuk senantiasa mewujudkan dan meningkatkan kualitas profesionalismenya. Pada dasarnya, profesi memiliki tiga syaraf utama, yaitu kompetensi yang diperoleh melalui pelatihan yang ekstensif, komponen intelektual yang bermakna dalam melakukan tugasnya serta memberikan pelayanan yang penting kepada masyarakat. Sikap yang terlihat pada profesionalisme adalah professional yang bertanggung jawab dalam arti sikap dan perilaku yang akuntabel kepada masyarakat, baik masyarakat profesi maupun masyarakat luas.

Cara meningkatkan profesionalisme perawat yaitu dengan meningkatkan pendidikan-pendidikan yang ada, lebih-lebih meningkatkan kompetensi anak didik dengan kemampuan berbahasa agar lebih bisa diterima dan bersaing di luar negeri dengan tangan terbuka. Perawat mempunyai peran yang tidak sedikit, diantaranya sebagai advokat atau pelindung pasien, yakni membantu mempertahankan lingkungan yang aman bagi pasien. Perawat juga berperan sebagai manager kasus, sebagai rehabilitator, pendidik, dan sebagai peneliti.
"Perkembangan perawat saat ini sangat pesat dan membawa banyak perubahan yang nyata baik dari segi pendidikan, segi profesionalitas, segi kemampuan, maupun kompetensi. Perkembangan ini juga tidak luput dari campur tangan pemerintah yang senantiasa berusaha meningkatkan kualitas perawat Indonesia".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar